الأربعاء، 16 يناير، 2013

PROPOSAL PEMBANGUNAN SUMUR BOR YAYASAN AL-FATH RT 19/06 HAMBALANG KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT




الــــــســــلام عـــلـــيكم...........

PANITIA PEMBANGUNAN SUMUR BOR AL-FATH RT 19/06 HAMBALANG KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

No.                       : 01
Lamp                    : 1 (Satu Bendel)
H a l                     : Permohonan Bantuan Sumur bor
Kepada Yth          : Bpk donator       : Drs. H. Rahmat Yasin, M. M.
                                                          : H.Karyawan Fathurachman SH. MH.
Di Tempat            :

Alhamdulillah Segala Puja Dan Puji Syukur Kepada Allah SWT Yang Telah Memberikan Anugrah Kenikmata Sehat Wal Afiat Rohani Dan Jasmai, Ihsan Dan Iman Kita semua. Semoga Allah SWT Memberikan Kita Semua Kesehatan, Tambah Rizqi Dan Panjang Umur Serta Barokahnya.

Salam sejahtera kami sampikan semoga Bapak/Ibu/Saudara/i senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.Sebagaimana air merupakan sumber penghidupan bagi manusia, dalam hal ini lingkungan Yayasan Al-fath yang mencakup masjid, pon-pes dan masyarakat sekitar, sangat mendesak akan kebutuhan tersebut. oleh karena itu kami mengadakan kegiatan berupa  pembuatan sumur bor artesis dengan mengangkat tema “Penanggulangan air bersih di Yayasan Al-fath, Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor Jawa Barat. guna perbaikan dan peningkatan di bidang Kesehatan, Lingkungan, dan Kesejahteraan”. Untuk itu kiranya bapak/Ibu/Saudara/i dapat berkenan membantu kami dalam pemenuhan   kebutuhan kegiatan ini. Demikian surat ini kami sampikan, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.




    Hormat kami

Hambalang,  11 April 2012
Pemimpin Yayasan Al-fath

Al-Ustadz Muhammad Ridho Bin Ahmad Bin Yahya SP.di










1 DASAR PEMIKIRAN
Derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu indikator kemajuan suatu masyarakat. Faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat diantaranya tingkat ekonomi, pendidikan, keadaan lingkungan, dan kehidupan sosial budaya. Faktor yang penting dan dominan dalam penentuan derajat kesehatan masyarakat adalah keadaan lingkungan. Salah satu komponen lingkungan yang mempunyai peranan cukup besar dalam kehidupan adalah air.

Manusia dan makhluk hidup lainnya yang tidak hidup dalam air, senantiasa mencari tempat tinggal dekat air supaya mudah untuk mengambil air untuk keperluan hidupnya. Selain itu pemenuhan kebutuhan air bersih dapat tercukupi sehingga mereka dapat hidup sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Air merupakan suatu sarana utama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, karena air merupakan salah satu media dari berbagai macam penularan penyakit. Air bersih adalah air yang jernih, tidak berwarna, tawar dan tidak berbau.

Pentingnya air di dalam tubuh manusia, berkisar antara 50%– 70% dari seluruh berat badan. Di tulang terdapat air sebanyak 22% berat tulang, di darah dan ginjal sebanyak 83%. Pentingnya air bagi kesehatan dapat dilihat dari jumlah air yang ada di dalam organ, 80% dari darah terdiri atas air, 25% dari tulang, 75% dari urat syaraf, 80% dari ginjal, 70% dari hati, dan 75% dari otot adalah air.

Kekurangan air menyebabkan banyaknya didapat penyakit batu ginjal dan kandung kemih, karena terjadi kristalisasi unsur-unsur yang ada di dalam cairan tubuh. Kehilangan air sebanyak 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian. Kebutuhan orang dewasa perlu minum minimum 1,5–2 liter air sehari. Selain pentingnya air bagi di dalam tubuh manusia, air dibutuhkan bagi kehidupan, baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari yaitu keperluan untuk kebutuhan domestik rumah tangga maupun kebutuhan dalam pertanian, industri, perikanan, pembangkit listrik tenaga air, dan navigasi, serta rekreasi.

Masalah utama yang dihadapi oleh sumber daya air di Indonesia meliputi kuantitas air yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan kualitas air untuk keperluan domestik yang semakin menurun. Kegiatan industri, domestik dan kegiatan lain berdampak negatif terhadap sumber daya air, antara lain menyebabkan penurunan kualitas air. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan, kerusakan dan berbahaya bagi semua makhluk hidup yang tergantung pada sumber daya air.

Lingkungan Rukun Tetangga Citeureup bogor sebagai wilayah yang berada di pusat kota Bogor yang banyak mengalami pertumbuhan penduduk memiliki implikasi yang sangat besar terhadap kerusakan lingkungan khususnya krisis air bersih. Sementara air bersih menjadi sulit didapatkan,

layanan pemerintah dalam hal ini saluran air PDAM sayangnya belum tersedia dan tetap menjadi mimpi bagi masyarakat.
Melalui penyediaan air bersih dan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari, masyarakat melakukan suatu usaha dengan swadaya dana masyarakat sendiri yaitu pembuatan MCK sederhana dengan sumur manual, namun ternyata tidak memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu kami berencana untuk mengadakan kegiatan pembuatan sumur artesis. Dengan program ini diharapkan akan memecahkan permasalahan lingkungan dan kesehatan. Juga harus dicatat bahwa di lingkungan Hambalang banyak kepala keluarga yang tidak memiliki WC sendiri.

2 NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamai “Penanggulangan Kekurangan Air Bersih di RT 19/06 Lingkungan Hambalang Kelurahan Hambalang, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Jawa Barat Guna Perbaikan serta Peningkatan di Bidang Kesehatan, Lingkungan, dan Kesejahteraan.

3   LANDASAN KEGIATAN
-Pancasila
-Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 416/ Menkes/Per/IX/1990. Tentang pengawasan dan syarat-syarat kualitas air.
- Hasil Rapat internal Pengurus Yayasan dan Masyarakat setempat.

4   TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari kegiatan pembangunan ini adalah sebagai berikut :.
-          Untuk memenuhi kebutuhan vital warga Hambalang dengan air bersih.
-          Menumbuhkembangkan pola hidup sehat dan pemahaman tentang
pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan.
-          Untuk mengurangi dan mengantisipasi penyebaran penyakit kulit dan pencernaan.
-          Untuk mendapatkan perhatian lebih dalam segala aspek khususnya aspek kesehatan bagi lingkungan setempat.
-          Diharapkan dapat memberikan pemikiran serta masukan berkelanjutan dalam rangka peningkatan kebutuhan air bersih dan derajat kesehatan masyarakat yang ada, dengan di buatnya air sumur artetis.

5   ANALISA PENGAMBILAN AIR DENGAN SUMUR BOR ARTESIS
Air bersih merupakan kebutuhan vital untuk berbagai kegiatan. Dengan sumur Bor Artesis dapat membantu dalam memecahkan kesulitan air bersih yang diakibatkan oleh Kandungan zat Besi yang sangat tinggi sehingga air menjadi bau besi, kuning dan sangat menggangu serta merusak property. Dengan pengeboran yang lebih dalam lagi kondisi air bau, kuning dan lainnya dapat diatasi tanpa menggunakan filter.  Dengan dukungan peralatan mesin, tenaga ahli, vendor serta armada yang memadai akan dapat menjawab permasalahan lingkungan setempat akan kebutuhan air bersih.

-          Manfaat  yang diberikan dengan pembuatan sumur bor dalam/artesis.
Sumur bor yang dalam  memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan Filter Air untuk memproses air baku yang tidak memenuhi syarat air bersih menjadi air bersih. Penggunaan Filter air memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup merepotkan serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi. Dengan menggunakan sumur bor dalam masalah tersebut bisa diatasi karena kecenderungan kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang jelek / tidak memenuhi syarat air bersih. Sumur bor dalam/ artesis mengatasi air kuning, bau/ zat besi yang tinggi selain itu sumur bor dalam/artesis juga bisa mengatasi air asin/bergaram Dengan pembuatan sumur bor air dalam/artesis kesulitan untuk memperoleh air bersih ini dapat dilakukan dengan baik.

-          Penentuan Titik Lokasi Pengeboran Dengan Menggunakan Geolistrik.
Salah satu tekhnik untuk menentukan titik pengeboran dengan lokasi yang memiliki cekung air/ sumber air yang banyak (Akuifer) dengan metoda Geolistrik. Metoda ini memerlukan lahan untuk dilakukan survey yang cukup luas untuk mencari cekungan air di dalam tanah. Dengan menggunakan tekhnik resistivity maka dapat ditentukan tahanan yang disesuaikan dengan kontur tanah/ jenis batuan yang merupakan sumber air. Sehingga dapat ditentukan kedalam yang ideal untuk mencapai air yang cukup banyak dan kualiatas yang baik . Kegiatan survey Geolistrik ini bisa memperoleh informasi keadaan tanah hingga 150 meter

-          Analisis biaya pembuatan sumur bor.
Pengeboran dilakukan dengan Mesin Bor Khusus yang relatif lebih cepat dan memiliki kemampuan yang cukup untuk memperoleh kedalaman sesuai dengan sumber air yang ada. Dengan pengeboran yang lebih dalam kondisi air yang bermasalah seperti air bau, air kuning, air kering dan lainnya dapat diatasi tanpa menggunakan filter.

1.     Jasa Pembuatan Sumur bor Jetpump 25 m s/d 60m
Diameter jambang Pipa maksimum 4 Inch dan Pompa Yang digunakan dapat menggunakan Jetpum.

2.     Jasa Pembuatan Sumurbor Semi Artesis 40 s/d 100.
Diameter jambang pipa maksimum 5” dan dapat menggunakan Pompa submersible 1 – 1,5 HP.

1.     Jasa Pembuatan Sumur Artesis 60 m s/d 200 m.
Diameter jambang pipa maksimum 6” dan dapat menggunakan Pompa Submersible 2-5 HP.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah :
1.     Pompa, Pipa dan sambungan
2.     Ppn & Pph Jasa
3.     Biaya Transportasi dan akomodasi Tenaga Ahli di Lapangan.
  1. Jasa Service Ringan.
  2. Kemungkinan besar biaya Rp:80.000.000 +








6    PENUTUP
Demikian Proposal ini kami buat, perincian biaya tidak dapat kami sebutkan demi terealisasikannya program ini secara menyeluruh, kami menyerahkan kepada pihak donatur. Selanjutnya  semoga hal ini menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu/Saudara/i guna terwujudnya cita-cita dan tujuan sebagaimana diuraikan di atas.
Semoga semua pihak bisa memakluminya dan bersedia membantu kami dalam penyelenggaraan Sumur Bor Artesis di Lingkungan Masjid dan ponpes Yayasan Al-fath Kelurahan Hambalang dan berkenan mengabulkan permohonan ini.
Dan Semoga Allah SWT Memberikan Ganjaran nya Kepada Yang Membantu Tentang Halnya Ini. Amin Yab Robal Alamin…….

والـسّـلام عـلـيكم ورحمة...............



Hambalang,  11 April 2012
Pemimpin Yayasan Al-fath

Al-habib Muhammad Ridho Bin Ahmad Bin Yahya

                   




































SUSUNAN KEPENGURUSAN RT 19.06 HAMBALANG
KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN
BOGOR JAWA BARAT


Pembina                         : Ust Ahmad bin Ahmad Al-Haddad SP.di
                                      : Ketua Rt 19/06 (Bpk Bowi)

Penasehat                      : H. Izudin S.E

Pengawas Pembangunan         : H. Mursyidi
                                      : H. Sudrajat sos
                                      : Bpk Syaiful bahri

Ketua Umum                  : Ust Muhammad Ridho bin Ahmad bin Yahya SP.di
                                       : Bpk Choirul Anam

Sekertaris                       : Sdr Wawan Kurniawab S.kom

Bendahara                     : Sdr Ramzi S.E
                                      : Sdri Ida Laila

Seksi Humas                  : Bpk Yayan Triyanti
                                      : Ust Ridwan bin Yahya
                                      : Ibu Tuti Astuti

Seksi Dana                     : Bpk Edi Kurnia
                                      : Sdr Irfan

Seksi Pembangunan       : Sdr Ahmad
                                      : Sdr Ridwan
                                      : Sdr Hasan Basri














































 PANITIA PEMBANGUNAN SUMUR BOR AL-FATH RT 19/06 HAMBALANG KECAMATAN CITEUREUP KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

‏ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق